Rabu, 06 Februari 2013

Ki Ageng Mangir-Pembayun, Sebuah Kisah inspiratif untuk keturunannya. By Hasnan Habib Kota Depok.

Ternyata ada "sesuatu" yang luar biasa dari kisah Mangir - Pembayun, suatu episode kerajaan Mataram Kotagedhe yang terjadi sekitar tahun 1568 an itu, pada masa masa selanjutnya terjadi kisah menarik yaitu anak cucu ki Ageng Mangir - Pembayun dan anak cucu Panembahan Senopati yang lain saling bahu membahu, berinteraksi untuk melawan penjajahan atau ideologi yang berbeda khususnya yang bersifat kemerdekaan dalam hal ini VOC Belanda yang bersemangatkan Gold, Glory and Gospel, justru kita yang sering mengaku keturunan Ki Ageng Mangir tak pernah menunjukkan rasa bahu membahu itu, bahkan hanya sekedar bersilaturahmi saja kita enggan, marilah siapa saja yang mengaku trah Mangir, bersama sama membangun kehidupan di rantau, pusat penjajahan modern ini, saling bersambung rasa, bersama sama beraksi membuka usaha dan wawasan di Batavia modern ini.

5 komentar:

  1. Salam
    Saya sempat membaca tulisan mas husnan,di facebook yang mengatakan makam leluhur gusti kandjeng ratu retno pembayun berada ditapos depok-jabar, jujur saya sempat bingung,sebap didjogjakarta tepatnya di pasarean ki ageng karanglo, karangturi-banguntapan-bantul terdapat makam beliau,setiap awal ramadhan(nyadran yogya) ramai dikunjungi masyarakat untuk ziarah di kompleks makam tersebut.termasuk kerabat kraton yogya,puro PA& juga keluarga saya diyogyakarta.tahun 2013 lalu bersama keponakan saya sempat kesana ziarah sebelum resepsi acara pernikahan keponakan saya tersebut didampingi dengan pak panewu surakso juru kunci kompleks makam tersebut.
    Salam
    Qadry Arief Pontianak Kalbar

    BalasHapus
  2. Yang benar makam Retno Pembayun dimana ...

    BalasHapus
  3. Yang benar makam Retno Pembayun dimana ...

    BalasHapus
  4. Saya dua Minggu yl Ziarah ke Makam Ki Ageng Karang Lo ( yg konon Leluhur Istri ) sekaligus juga ke Makam Ratu Pembayun . Letaknya di Karang Turi Banguntapan . Hanya 2 km dari Kota Gede.

    BalasHapus
  5. Boleh tau no.pak hasnan..buat sharing2...

    BalasHapus